Memahami Kolesterol Tinggi

asep

Pengguna

Asep

Jum'at, 08 Juni 2018 23:39:33

Memahami Kolesterol Tinggi Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi di mana kadar kolesterol yang melebihi tingkat normal. Kolesterol sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang kebanyakan dihasilkan di hati dan sebagian diperoleh dari makanan. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit serius. Penyakit yang ditimbulkan oleh orang-orang dengan kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan hiperkolesterolemia, seperti stroke dan serangan jantung.dan harus menkonsumsi obat kolestrol paling ampuh

Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan bahwa sekitar 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi daripada batas-batas alami kesehatan yang normal. Ini berarti bahwa sepertiga penduduk Indonesia berisiko terkena penyakit arteri.Kolesterol tinggi dapat menghasilkan makanan yang mengandung kolesterol tinggi atau kurang olahraga. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi karena faktor genetik.

Tentang kolesterolTubuh sudah membutuhkan kolesterol untuk membantu membangun sel-sel baru sehingga tubuh dapat terus berfungsi secara normal. Selain itu, kolesterol membantu tubuh Anda menghasilkan vitamin D dan sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein. Kedua lipoprotein disebut lipoprotein. Dua jenis utama lipoprotein adalah low-density lipoproteins (LDL), umumnya dikenal sebagai kolesterol jahat dan high-density lipoproteins (HDL), yang biasa disebut kolesterol baik.

LDL bertanggung jawab untuk mentransfer kolesterol dari hati ke sel yang membutuhkan. Tetapi jika jumlah kolesterol melebihi kebutuhan, itu dapat mengendap di dinding arteri dan menyebabkan penyakit. Di sisi lain, HDL, tidak seperti LDL, bertanggung jawab untuk mentransfer kembali kolesterol ke hati. Di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan melalui tubuh melalui tinja.

Kadar kolesterol dapat bervariasi tergantung pada apakah orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi atau lebih rendah terkena penyakit arteri. Jumlah kolesterol dalam darah dapat diukur dengan tes darah.Anda harus memeriksa kadar kolesterol Anda jika Anda kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit lain yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Dianjurkan juga untuk mendiagnosis kadar kolesterol jika seseorang memiliki keluarga dekat yang menderita kolesterol, atau keluarga dekat dengan riwayat penyakit kardiovaskular pada usia dini.Bagi mereka yang telah didiagnosis dengan penyakit jantung koroner, stroke ringan atau penyakit arteri perifer, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini juga.

Efek kolesterol tinggiKetika kolesterol berlebih mengendap di dinding arteri, aliran darah di jantung, otak dan bagian lain dari tubuh dapat dicegah. Dengan kata lain, kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang mengalami arteriosclerosis atau arteriosclerosis, pembekuan darah di bagian tubuh tertentu, stroke sederhana, stroke, dan serangan jantung.

Kadar kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di bagian depan dada atau di lengan (angina) ketika seseorang mengalami tekanan atau aktivitas fisik. Selain itu, kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Jika Anda tidak mengubah diet dan tidak berhenti merokok, orang-orang dengan kolesterol tinggi akan lebih berisiko mengalami stroke atau penyakit jantung. Dalam rokok, zat kimia yang disebut akrolein ditemukan. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau HDL untuk mentransfer timbunan lemak ke hati. Akibatnya, penyempitan arteri atau atherosclerosis dapat terjadi.

Selain itu, risiko infeksi meningkat jika pasien memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, gagal jantung atau stroke.Kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh kondisi keturunan yang disebut familial hypercholesterolemia (FH). Kadar kolesterol pasien dengan kondisi ini tetap tinggi meski mengonsumsi makanan sehat.Cara Mencegah atau Menurunkan Level Kolesterol

Gaya hidup sehat sangat penting dalam mengobati kadar kolesterol tinggi. Diet yang sehat dan seimbang adalah salah satu langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk mencegah atau mengurangi kadar kolesterol Anda. Kandungan lemak dalam makanan harus rendah.

Cobalah untuk mengubah konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah dan sayuran, serta biji-bijian utuh (seperti roti gandum utuh). Dengan cara ini, kadar kolesterol Anda akan tetap rendah. Selain diet sehat, segeralah mulai berolahraga secara teratur dan turunkan berat badan bagi mereka yang kelebihan berat badan. Sama pentingnya, hindari rokok.

http://www.nutrinextherbal.com/obat-kolesterol



Reply


Silahkan login terlebih dahulu