Dampak Buruk Kafein Bagi Tubuh Manusia

herbal2

Pengguna

herbal 2

Senin, 28 Januari 2019 09:26:42

Dampak Buruk Kafein Bagi Tubuh

Kafeina atau kafein adalah senyawa alkaloidxantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafein memang sangat berperan aktif dalam membuat tubuh menjadi lebih bersemangat.Namun,selain bermanfaat kafein juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Habir

Beberapa Dampak Dari Kafein

1.Mengakibatkan Masalah Pencernaan


Kandungan kafein pada biji kopi dapat mengiritasi perut.Dapat menjadi masalah bagi mereka yang mengalami maag,gastritis dan radang usus.Mengkonsusmsi kopi dapat mengiritasi lapisan usus kecil,berpotensi menyebabkan kejang perut,kram dan masalah eliminasi,sering bergantian mengalami sembelit dan diare.Kondisi ini dikenal sebagai sindrom iritasi usus besar.


2.Meningkatkan Tekanan Darah


Kafein yang dikonsumsi akan langsung diserap oleh tubuh,dan dapat langsung masuk kedalam aliran darah.Bahkan dalam jangka waktu 1 jam,kafein mencapai level tertinggi didalam aliran darah.Dalam jangka waktu tersebut ataubahkan lebih cepat,kafein dapat menyebabkan tekana darah menjadi tinggi.


3.Mengakibatkan Sakit Kepala


Selain dapat mengobati sakit kepala,penggunaan kafein juga dapat menyebabkan sakit kepla.Penggunaan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain.


Baca Juga Artikel Lainnya : Manfaat Habbatussauda Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

4.Mengakibatkan Masalah Jantung


Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan konstraksi jantung yang lebih kuat.Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah mengkonsumsi kafei,jantung menghasilkan lebih bayak kontraksi yang kuat.Tidak jelas apakah ini memiliki implikasi jangka panjang kecuali bagi mereka dengan kondisi kesehatan yang diketahui.


5.Menyebabkan Osteoporosis atau Tulang Keropos


Mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat mengakibatkan osteoporosis karena kafein dapat menghambat penyerapan kalsium didalam tubuh.Selain itu,mengkonsumsi kafein secara berlebihan mengakibatkan tubuh membuang lebih banyak kalsium melalui urin.Kekurangan kalsium dapat mengarah pada osteoporosis atau tulang keropos.


6.Menyebabkan Inkontinensia


Inkontinensia merupakan tidak kemampuan menahan buang air kecil.Sebuah penelitian di Universitas Alabama menunjukan 70% wanita yang mengkonsumsi kafein mengalami inkontensia.


7.Meningkatkan Risiko Kanker


Penelitian yang dilakukan pada hewan uji membuktikan bahwa mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat mempengaruhi kadar testosteron dan estrogen yang tidak dapat diprediksi.Hal tersebut menambah resiko munculnya sel kanker.


8.Meningkatkan Resiko Keguguran


Mengkonsumsi kafein secara berlebihan memberikan pengaruh yang sangat buruk untuk wanita hamil.Kafein dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan janis.Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan memicu keguguran.Selain itu,penelitian terbaru menyatakan bahwa mengkonsumsi minuman kafein 2 kali sehari selama minggu-minggu sebelum konsepsi sedikit meningkatkan risiko keguguran.

Reply


Silahkan login terlebih dahulu